TUGAS 1 TEKNOLOGI PENGINDERAAN JAUH

IDE PENGEMBANGAN SENSOR DALAM KEHIDUPAN

Banyak sekali teknologi yang dapat dikembangkan dari pemanfaatan sensor ultrasonik. Diantaranya Sistem Sonar pada Kapal, sistem pengereman otomatis pada kendaraan, pengukur jarak, dan masih  banyak lagi. Contoh sistem tersebut seluruhnya mengadaptasi prinsip pada perilaku yang dilakukan oleh kelelawar. Prinsip dasarnya yakni memanfaatkan gelombang yang dipantulkan pengirim dan di terima kembali oleh pengirimnya. Dengan begitu pengirim dapat mengetahui keadaan di sekitar gelombang bunyi yang dikirim dan diterima.

Sistem sonar merupakan sistem yang digunakan untuk mendeteksi tempat dalam melakukan pergerakan dengan deteksi suara frekuensi tinggi (ultrasonik). Sonar atau Sound Navigation and Ranging merupakan suatu metode penggunaan gelombang ultrasonik untuk menaksir ukuran, bentuk, dan kedalaman benda-benda. pada gambar di atas merupakan ilustrasi pemanfaatan sensor gelombang ultrasonik pada kapal. Alat pada kapal yang disebut transduser akan mengubah sinyal listrik menjadi gelombang ultrasonik yang dipancarkan ke dasar laut. Pantulan dari gelombang tersebut akan menimbulkan efek gema (echo) dan akan dipantulkan kembali ke kapal dan ditangkap oleh alat detektor. Sistem penerima pada kapal akan melakukan penghitungan mengenai jarak obyek, dengan menggunakan rumus diatas. Dengan cara tersebut, kita dapat mengetahui kedalaman laut serta keadaan di dasar laut seperti mendeteksi bangkai kapal atau benda di dasar laut.

Gelombang ultrasonik juga dapat dikembangkan untuk sistem pengereman otomatis pada kendaraan. cara kerjanya dengan menggunakan sensor ultrasonik yang ditempatkan di depan mobil. kemudian sensor akan mengukur jarak realtime antara kendaraan dengan benda yang ada didepannya. setelah sensor menerima jarak realtime, komputer akan memberikan perintah kepada controller apabila melebihi jarak aman kendaraan dengan benda di depannya dengan memperhitungkan kecepatan kendaraan saat itu maka controller akan melakukan pengereman otomatis pada kendaraan. hal ini dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan pada kendaraan.

DAFTAR PUSTAKA

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/Sistem%20Sonar-BB/Topik-1.html

https://hasrilatifah109.wordpress.com/2015/03/26/gelombang-ultrasonik-pada-kelelawar/

FILE PDF :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *